Cyber Crime : Skimming ( Pembobolan Rekening Nasabah BRI )


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Berbagai macam jenis teknologi informasi dalam bentuk digital menjadi popular dan diminati oleh masyarakat dunia, internet salah satunya. Dengan internet munculah berbagai macam aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna computer seperti untuk berkompunikasi, mencari berita dan berbisnis. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini tentu saja menambah trend perkembangan teknologi dunia dengan segala bentuk kreatifitas manusia. Perkembangan teknologi ini semakin meluas ke berbagai bidang, dimana masyarakat dengan cepat dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkannya setiap saat. Hampir sepertiga penduduk dunia telah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya.
Menurut data survei tahun 2017 yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), bahwa 143,26 juta masyarakat Indonesia telah terhubung dengan internet.

                                       Gambar 1.1 Data Pertumbuhan Penggunaan Internet Tahun 2017

Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII)

Disebutkan bahwa pengguna media internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Kemudahan akses perangkat ke internet dan mudahnya memiliki perangkat internet yang membuat pertumbuhan pengguna internet Indonesia meningkat. Perilaku pengguna internet Indonesia 83 persen dari pengguna internet mengakses internet dari perangkat bergerak atau mobile gadget. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan internet mobile cukup tinggi, sedangkan penggunaan internet rumah cukup rendah.
Gambar 1.2 Perangkat yang dipakai mengakses Internet Tahun 2017

                       Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII)

Di samping itu disebutkan bahwa sebagian besar pengguna internet Indonesia menggunakan internet untuk mengakses media sosial dan hiburan. Instagram menjadi tujuan sebagian besar pengguna internet Indonesia. Pengguna internet Indonesia mulai percaya bahwa bertransaksi online aman, dengan menggunakan ATM untuk bertransaksi.
Barang dan jasa utama yang dibeli melalui toko online seperti kebutuhan peralatan rumah tangga dan tiket. Menyarakat pengguna menyadari bahwa internet tidak aman bagi anak-anak dan berharap pemerintah terus meningkatkan strategi dalam penanganan konten negatif dan amoral.
Masih dari survei APJII menyebutkan bahwa secara geografis pengguna teknologi informasi, Pulau Jawa masih mendominasi penetrasi internet Indonesia diikuti Sumatera dan Indonesia Timur di posisi terakhir.
            
Gambar 1.3 Data Survey Perkembangan Internet di Indonesia Tahun 2017

                  Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII)

Pengguna berdasarkan umur, rentang usia 13-18 tahun penetrasinya 75,50 persen, sedangkan di atas usia 50 tahun menjadi yang terendah.

Gambar 1.3 Data Survey Penggunaan Internet berdasarkan Usia di Indonesia Tahun 2017

        Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII)

Disatu sisi Teknologi informasi dapat memberikan manfaat, mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan dalam segala hal serta dapat mengubah model perekonomian dan model berbisnis. Namun dampak negatif pun tidak bisa dihindari. Seiring perkembangan teknologi internet, menyebabkan munculnya kejahatan baru yang disebut dengan new cybercrime melalui jaringan internet.
Munculnya beberapa kasus cybercrime di Indonesia, seperti penipuan, hacking, penyadapan data orang lain, spaming email, dan manipulasi data dengan program komputer untuk mengakses data milik orang lain. Kejahatan-kejahatan yang ditimbulkan oleh pelaku cybercrime telah merugikan dalam jumlah besar bagi korbannya serta perekonomian dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.
Untuk penanggulangan permasalahan kejahatan internet ini diperlukan Lembaga-lembaga khusus, baik milik pemerintah maupun NGO (Non Government Organization). Di Indonesia telah memiliki IDCERT (Indonesia Computer Emergency Rensponse Team). Unit ini merupakan point of contact bagi orang untuk melaporkan masalah-masalah keamanan komputer, namun perlu mendapat dukungan dari semua pihak agar misi-misinya cepat tercapai.

1.2 Ruang Lingkup
            Agar tidak terjadi perluasan materi yang dapat diberikan penulis, maka ruang lingkup yang kami bahas hanya kedalam “KASUS PEMBOBOLAN REKENING NASABAH BRI”, Kediri, Jawa Timur, Tahun 2018 yang kami jabarkan seperti :
1.      Dapat mengetahui definisi, macam-macam jenis dari tindakan Cyber Crime
2.      Dapat mengetahui peningkatan keamanan yang dapat diberikan oleh lembaga perbankan kepada nasabah.
3.      Memberikan informasi dengan jelas mengenai kasus skimming yang terjadi kepada nasabah dan Cara menghindarinya.

1.3 Maksud dan Tujuan
            Dari sekian banyak tindakan Cyber Crime yang dapat dibahas, adapun maksud dan tujuan penulis memilih salah satu dari tindakan cyber crime tersebut, yakni dengan judul “Kasus Cyber Crime Pembobolan Rekening Nasabah BRI”, diantaranya :
1.      Untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis tentang kualifikasi delik yang terjadi dalam kasus Pembobolan ATM Melalui Teknik Skimming Dihubungkan Dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang  Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
2.      Untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis tentang pertanggung jawaban pidana dalam kasus Pembobolan ATM Melalui Teknik Skimming Dihubungkan Dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
3.      Untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis tentang cara menanggulangi kasus Pembobolan ATM Melalui Teknik Skimming Dihubungkan Dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
4.      Guna memenuhi Tugas dan sebagai Kelengkapan Penilaian UTS dan UAS, pada Mata Kuliah Etika Profesi Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Semester 6 AMIK BSI.

1.4 Manfaat
1.      Memperluas ilmu pengetahuan mengenai dampak yang dapat ditimbulkan dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, yaitu internet.
2.      Melindungi privasi adalah hak dan tanggung jawab yang dibutuhkan setiap orang untuk menjaga dan menjauhkan kita dari tindakan Cyber Crime pada internet/dunia maya.
3.      Menjauhkan kita dari tindakan-tindakan salah yang dapat kita lakukan dalam dunia maya, yang bisa merugikan kita maupun orang lain.
4.      Mengetahui hukuman/sanksi yang dapat diberikan kepada pelaku tindakan kejahatan internet (Cyber Crime).
5.      Menjadikan kita untuk berpikir cerdas terlebih dahulu sebelum bertindak.

1.6 Sistematika Penulisan
Cara penulisan dalam makalah ini terdiri dari Tiga bab, dan setiap bab yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan satu sama lain. Adapun sistematika penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
BAB    I           PENDAHULUAN
Pada bab ini membahas mengenai Latar Belakang, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan, Ruang Lingkup, Manfaat, dan Sistematika Penulisan “Kasus Pembobolan Rekening Nasabah BRI”.
BAB    II         PEMBAHASAN
Pada bab ini menerangkan mengenai materi dasar Teknologi Informasi, Cyber Crime/Cyber Law, membahas Studi Kasus, dan menjelaskan Solusi atas “Kasus Pembobolan Rekening Nasabah BRI”.
BAB    III        PENUTUP
Pada bab ini menjelaskan mengenai beberapa kesimpulan akhir dan saran yang dapat diberikan pada “Kasus Pembobolan Rekening Nasabah BRI”.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Umum
2.1.1 Definisi Teknologi
            Penggunaan istilah ‘Teknologi’ dalam bahasa Inggris: Technology telah berubah secara signifikan selama 200 tahun terakhir. Sebelum abad ke-20, istilah ini tidak umum dalam bahasa Inggris, dan biasanya mengacu pada penggambaran atau seni terapan penilaian. Istilah ini sering dikaitkan dengan pendidikan teknis, seperti Massachusetts Institute of Technology (didirikan pada tahun 1861).
            Istilah Technology mulai menonjol pada abad ke-20 bersama dengan berlalunya Kedua Revolusi Industri. Memahami perubahan Technology pada awal abad ke-20 ketika para ilmuwan sosial Amerika, dimulai oleh Thorstein Veblen, menerjemahkan ide-ide dari konsep Jerman, Technik, menjadi technology . Dalam bahasa-bahasa Eropa Jerman dan lain-lain, ada perbedaan antara Technik dan Technologie yang nihil dalam bahasa Inggris, sebagai istilah umumnya diterjemahkan sebagai Technology.
Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI :
            Disebutkan oleh KBBI, bahwa teknologi merupakan suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pengetahuan terapan. Lebih lanjut juga dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan juga kenyamanan hidup manusia. Dari pernyataan Kamus besar bahasa Indonesia tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan suatu metode ilmiah untuk kepentingna praktis yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan dan juga kenyamanan hidup manusia.
Menurut Merriam Webster :
            Merriam Webster merupakan sebuah kamus yang banyak digunakan sebagai referensi ilmu, menyatakan bahwa teknologi merupakan suatu aplikasi atau penerapan dari sebuah ilmu pengetahuan secara praktis. Penerapan praktis ini terkadang dikhususkan juga pada ruang lingkup tertentu.


2.1.2 Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi
A. Dampak Positif
1.      Mempercepat arus informasi
2.      Mempermudah akses terhadap informasi terbaru
3.      Media Sosial dan menjadi Media Hiburan
4.      Membantu individu dalam mencari informasi
5.      Mempermudah komunikasi dengan individu lainnya yang jauh
6.      Sharing dan berbagi file
7.      Memiliki banyak dampak positif dalam dunia Pendidikan
8.      Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli (E-Commerce)

B. Dampak Negatif
1.      Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
2.      Maraknya penipuan dan tindakan kejahatan cyber
3.      Cyber Bullying
4.      Konten negatif yang berkembang pesat
5.      Fitnah dan pencemaran nama baik secara luas
6.      Menjauhkan yang dekat
7.      Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
8.      Membuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna
9.      Dapat menurunkannya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang, jika sudah kecendrungan.
10.  Banyaknya berita kebohongan yang sering terjadi



2.2 Cyber Crime
2.2.1 Definisi Cyber Crime
Pada awalnya, cyber crime didefinisikan sebagai kejahatan komputer. Menurut mandell dalam Suhariyanto (2012:10) disebutkan ada dua kegiatan Computer Crime :
1.      Penggunaan komputer untuk melaksanakan perbuatan penipuan, pencurian atau penyembunyian yang dimaksud untuk memperoleh keuntungan keuangan, keuntungan bisnis, kekayaan atau pelayanan.
2.      Ancaman terhadap komputer itu sendiri, seperti pencurian perangkat keras atau lunak, sabotase dan pemerasan.

            Jadi, Pada dasarnya Cyber Crime meliputi tindakan pidana yang berkenaan dengan sistem informasi baik sistem informasi itu sendiri juga sistem komunikasi yang merupakan sarana untuk penyampaian/pertukaran informasi kepada pihak lainnya.

2.2.2 Karakteristik Cyber Crime
Karakteristik Cyber Crime  yaitu :
1.      Perbuatan yang dilakukan secara ilegal, tanpa hak atau tidak etis tersebut dilakukan dalam ruang/wilayah Cyber sehingga tidak dapat dipastikan yuridiksi negara mana yang berlaku.
2.      Perbuatan tersebut dilakukan dengan menggunakan peralatan apapun yang terhubung dengan internet
3.      Perbuatan tersebut mengakibatkan kerugian material maupun immaterial yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan kejahatan konvensional.
4.      Pelakunya adalah orang yang menguasai penggunaan internet beserta aplikasinya.
5.      Perbuatan tersebut sering dilakukan melintas batas negara.



2.2.3 Bentuk – Bentuk Cyber Crime
Klasifikasi Kejahatan komputer :
1.      Kejahatan yang menyangkut data atau informasi komputer.
2.      Kejahatan yang menyangkut program atau software komputer.
3.      Pemakaian fasilitas komputer tanpa wewenang untuk kepentingan yang tidak sesuai dengan tujuan pengelolaan atau operasinya.
4.      Tindakan yang mengganggu operasi komputer.
5.      Tindakan merusak peralatan komputer atau yang berhubungan dengan komputer atau sarana penunjangnya.

2.2.4 Trend Cybercrime Di Indonesia
Kejahatan cybercrime memiliki karakteristiknya tidak hanya lingkup nasional namun juga bersifat global dapat menembus ruang dan waktu, tidak ada batas negara, tidak mengenal yurisdiksi, dan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. “Tahun ini angka kejahatan transnasional untuk Cybercrime mengalami peningkatan," ujar Tito saat memaparkan hasil kinerja akhir tahun di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2017). Di tahun 2016 tercatat ada 4.931 kasus yang ditangani polri. Sementara tahun ini, kasus Siber yang ditangani oleh Polri mencapai 5.061 kasus.
Trend serangan cyber di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun, dengan tipe dan variasi serangan yang berbeda dari tahun sebelumnya, namun ada juga yang masih sama. Kejahatan cybercrime terjadi karena beberapa sebab, antara lain adanya pelaku kejahatan, modus kejahatan, kesempatan untuk melakukan kejahatan, korban kejahatan, reaksi sosial atas kejahatan, dan hukum. Rata-rata yang menjadi pelaku kejahatan adalah mereka yang lebih menguasai teknologi ini dan menggunakan kemampuannya itu untuk melakukan akses yang tidak sah ke jaringan computer orang lain. Jadi trend pelaku kejahatan cyber cukup jelas mereka yang paham dan mahir dalam dunia cyber ini.

2.2.4.1 Trend Cybercrime Pada Perbankan Indonesia
Di tengah perkembangan sistem keuangan di dunia maya, penelitian terbaru dari Kaspersky Lab. Dari data Consumer Security Risks Survey 2016 yang dilakukan oleh B2B International dan Kaspersky Lab, terungkap bila 5 persen pengguna global telah kehilangan uang secara online akibat penipuan online. Kerugian rata-rata yang mereka derita adalah Rp 6 juta. Hal ini menunjukkan bahwa new cybercrime di perbankan juga sudah mulai muncul, tidak dengan teknik konvensional lagi tetapi dengan menggunakan aplikasi yang semakin maju juga.
Sementara itu di Indonesia, hasil survei juga menunjukkan bila 71 persen dari responden di Indonesia merasa khawatir terhadap penipuan online perbankan. Sementara 48 persen responden Indonesia mengatakan sering merasa khawatir akan rentannya melakukan transaksi keuangan online. Trend kepercayaan masyarakat terhadap keamanan bidang ini masih rendah hal ini disebabkan karena munculnya beberapa kejahatan perbankan dari tahun-tahun sebelumnya.
Menurut Vitaly Kamluk, Director of Global Research & Analysis Team Kaspersky Lab untuk APAC bahwa Ancaman keuangan sangat bervariasi mulai dari penipuan online dan Trojan perbankan yang mempengaruhi PC, tablet serta smartphone, hingga ke serangan terhadap organisasi keuangan, ATM dan bahkan pada point-of-sale terminals, dan dari analisis statistik, kami melihat bahwa sektor keuangan di negara-negara Asia-Pasifik berkembang pesat, sehingga penjahat siber mengalihkan perhatian mereka demi mencari cara untuk mendapatkan keuntungan dari peluang tersebut, Hal ini memberikan menunjukkan bahwa telah terjadi proses perkembangan cybercrime yang sasarannya adalah sistem keuangan dan perbankan. Mulai penyerangan dengan sasaran kelengahan nasabah, penangkapan data transaksi, pengubahan data bahkan sampai pada penyerangan ke dalam database perbankan.
Trend penggunaan transaksi banking yang meningkat menimbulkan kejahatan cybercrime bidang ini juga meningkat hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya penggunaan mobile wallet. Orang berbelanja dan melakukan pembayaran sudah tidak secara konvensional dengan datang ke kantor langsung, namun pembayaran dapat dilakukan secara online baik melalui mobile banking, internet banking, ATM maupun toko swalayan yang menyediakan fasilitas pembayaran tersebut.


                                  Gambar 2.1 Data Pendapat Pengguna Tentang Keamanan Perbankan
                                                                      Sumber : APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016


                                       Gambar 2.2 Hasil Survey 2017 Layanan Yang sering diakses
                                                             Sumber : APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2017


2.5 Studi Kasus Cyber Crime Pembobolan Rekening Nasabah BRI
2.5.1 Kronologi Kasus
            Puluhan Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur, pada Senin (12/3/2018) lalu, dikejutkan dengan raibnya saldo rekening mereka secara misterius. Jumlah uang tabungan yang hilang bervariasi
antara Rp. 500.000, Rp. 4.000.000, bahkan mencapai Rp. 10.000.000 Para nasabah pun berbondong - bondong mendatangi kantor BRI untuk mengetahui penyebab hilangnya uang dalam rekening tabungan mereka. Usai pelaporan itu, BRI bersedia mengganti rugi sebesar Rp. 145.000.000 kepada 33 nasabah yang menjadi korban. 
            Kepada Tirto, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan BRI Bambang Tribaroto menduga bahwa kasus hilangnya saldo nasabah itu akibat skimming.
"Sudah dipastikan itu skimming. Itu karena oleh pelaku dipasangi alat skimming di ATM itu," ujar Bambang pada Kamis malam (15/3/2018). 
BRI mengimbau para nasabah agar menutupi aktivitas saat memasukkan pin dengan menggunakan tangan, supaya tidak terekam kamera”. Berita ini dilansir oleh “Tirto.id, 16 Maret 2018, Reporter : Alexander Haryanto”.

2.5.1.1 Hasil Wawancara Kasus
            Polisi menyelidiki kasus raibnya dana nasabah Bank Rakyat Indonesia atau BRI Unit Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur. Menurut Kepala Sub Direktorat I Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri, Komisaris Besar Irwan Anwar “dana nasabah yang hilang diduga karena adanya praktik “Skimming”. Irwan mengatakan skimming adalah tindakan pengkloningan data nasabah yang dilakukan hacker di mesin anjungan tunai mandiri atau ATM. Data nasabah yang dicuri itu digunakan untuk menguras rekening tabungan mereka. “Ini merupakan kelemahan di sistem perangkat perbankan,” kata dia saat dihubungi, Selasa, 13 Maret 2018. Berita ini dilansir oleh “Jakarta, TEMPO.CO, Reporter : Chitra Paramaesti, Editor : Dewi Rina Cahyani, Selasa 13 Maret 2018, Waktu 13:33 WIB.”
           


            Ahli forensik digital Ruby Alamsyah juga menyebutkan pembobolan ATM milik sejumlah nasabah BRI kemungkinan memakai Metode “Skimming dan pencairan dananya dilakukan di luar negeri. "Jadi dari perspektif saya, meyakini kejadian tersebut merupakan pembobolan menggunakan ATM Fraud dengan metode Skimming," ujarnya saat bincang dengan Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (13/3/2018). Dia menjelaskan bahwa metode Skimming sudah biasa digunakan untuk membobol ATM.

2.5.1.2 Kasus Menggunakan Teknik Skimming
            Ahli Forensik Digital Ruby Alamsyah memberikan penjelasan mengenai Teknik Skimming yang ia duga pada kasus Pembobolan ATM milik sejumlah nasabah BRI, “Caranya dilakukan dengan memasang alat yang bisa menyalin nomor kartu ATM nasabah serta kamera pengintai PIN Pad di mesin penarik uang. Pelaku yang sudah mendapatkan nomor kartu dan rekaman PIN kemudian mencocokkannya dengan melihat log waktu pencatatan. Dari situ, kemudian pelaku bisa memasukkan nomor serta PIN ke kartu ATM kosong dan memakainya untuk mengambil uang”.
            Ruby meyakini, setelah mendapatkan nomor kartu ATM beserta PIN, pelaku melakukan penarikan dana di luar negeri. Hal ini menurutnya terlihat dari nominal penarikan yang tidak bulat serta dikenakan biaya administrasi. "Dari salah satu pernyataan pejabat BRI, dia menyebutkan kemungkinan penarikan sejumlah rekening nasabah menggunakan ATM di luar Indonesia. Dibuktikan dengan nominal pasti yang terkena itu tidak bulat, alias ada pecahannya. Lalu, ada tambahan biaya administrasi beberapa puluh ribu," imbuhnya.
           


            Kriminal Terorganisir Ruby berpendapat skimming kartu ATM nasabah BRI itu merupakan ulah organisasi kriminal internasional. Organisasi tersebut merekrut tim operasional lokal untuk memasang alat penyalin nomor ATM dan PIN, kemudian meminta tim itu mengirimkan hasilnya ke luar negeri. Karena itu dia menyarankan agar pihak yang berwenang tak hanya mengusut pelaku - pelaku yang berada di Tanah Air, tapi mengejar hingga menangkap aktor Intelektual yang berada di luar negeri. "Polisi kan sudah sering menangkap. Tapi yang terjadi adalah si pelaku setiap tim operasional ditangkap, mereka merekrut baru lagi," ujar Ruby. "Jadi polisi cuma menangkap tim operasional lokal saja, bukan aktor intelektual. Sudah 7 tahun saya ngomong, terbukti sekarang masih terjadi kasus serupa" pungkasnya.
Berita ini dilansir oleh Jakarta, KOMPAS.COM, dan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pakar IT sebut Tabungan Nasabah Dibobol dengan Skimming”, Penulis : Yoga Hastayadi Widiartanto, Editor : Aprillia Ika”.

2.5.2 Penanganan Kasus
2.5.2.1 Pihak BANK BRI Kepada Nasabah
            Pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) pusat memastikan sudah mengganti dana puluhan nasabah BRI Unit Ngadiluwih, Kediri yang dilaporkan mendadak berkurang secara misterius Senin (12/3/2018). Manajemen BRI juga menyampaikan kuat dugaan,  dana yang berkurang itu dibobol oleh orang tak bertanggung jawab dengan modus skimming.
            Hal itu disampaikan Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto. Ia mengatakan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan masalah dengan para nasabahnya tersebut.“Semua sudah diselesaikan ke pihak (nasabah) yang bersangkutan. Kami sudah mengganti dengan kartu baru,” ucap Bambang ketika dihubungi Senin (12/3/2018).
            Selain memberi kartu baru kepada para nasabah, BRI telah mengganti dana yang diduga diambil oleh orang tak bertanggung jawab tersebut. “Sudah diganti, dananya sudah sama seperti sebelum hilang,” ujar Bambang menambahkan.
            Total ada 30 nasabah yang sempat menjadi korban praktik skimming tersebut. Bambang mengatakan, saat ini BRI tengah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyelidiki kasus tersebut. Dari hasil penyelidikan sementara, diduga pelaku membobol kartu ATM nasabah mereka dengan metode skimming.
Pelaku disinyalir menggandakan informasi dalam pita magnetik (magnetic stripe) yang terdapat pada kartu kredit maupun ATM/debit secara ilegal.
            Bambang belum mendetailkan jumlah uang yang hilang akibat dicuri oknum tersebut. Sebab, hingga kini BRI Unit Ngadiluwih belum melaporkan total jumlah uang nasabah yang hilang itu. “Totalnya kami belum dapat info dari cabang di Kediri,” ucapnya. Berita ini dilansir oleh “Jakarta, Joglosemarnews.com”, dengan Judul : BRI akhirnya ganti semua dana nasabah yang berkurang misterius pelaku pembobolan diduga oknum ini”.
            Selain itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meminta nasabah dan masyarakat tidak panik terkait kabar adanya kasus pembobolan dana nasabah. Selain itu, terkait kasus ini pun banyak kabar yang beredar, yang sumbernya tidak bisa dipertanggung jawabkan. " BRI meminta nasabah dan masyarakat umum untuk tidak panik dan lebih bijak dalam menanggapi berita yang berkembang yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata Direktur Digital Banking dan Teknologi BRI Indra Utoyo dalam keterangannya, Jumat (16/3/2018).
            Hal itu diungkapkan Indra sejalan dengan adanya kasus pembobolan dana nasabah yang terjadi di Kediri, Jawa Timur beberapa waktu lalu. Kasus tersebut diduga kuat terkait dengan kejahatan perbankan dengan metode skimming, yakni pencurian data nasabah dengan menggunakan perangkat yang dipasang di mesin ATM. BRI akan bertanggung jawab apabila ada nasabah yang dirugikan akibat kejahatan perbankan dengan metode skimming. BRI, imbuh Indra, mengimbau kepada nasabah untuk tidak memberikan PIN, password, maupun data pribadi lainnya melalui SMS, telepon, atau media lain.
            Sementara terkait adanya pemberitaan yang tidak benar dan berpotensi hoaks, Indra Utoyo mengancam akan menemluh jalur hukum bagi yang menyebarkan pemberitaan hoaks tersebut. "BRI dengan adanya pemberitaan yang tidak benar dan berpotensi hoaks tidak segan akan menempuh jalur hukum jika ada pihak-pihak yang sengaja menyebarkan berita hoaks dan mencemarkan nama baik BRI," terang Indra. Berita ini dilansir oleh : “Jakarta, KOMPAS.COM, dan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ada Kasus Pembobolan Dana Nasabah, BRI Minta Masyarakat Tak Panik”, Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan, Editor : Aprillia Ika”.



2.5.2.2 Pihak Polisi
            Lima orang yang merupakan komplotan pembobol uang tabungan nasabah Bank Rakyat Indonesia ( BRI) ditangkap oleh jajaran Polda Metro Jaya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, penangkapan komplotan ini dilakukan setelah polisi melakukan penelusuran selama satu minggu.
            Lima orang ini ditangkap di sejumlah lokasi berbeda. Ada di D' Park Cluster Kayu Putih Blok AB 6 No 3, Serpong, Tanggerang, di Hotel Grand Serpong, Tangerang, dan Hotel De’ Max Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat," ujar Argo, Jumat (16/3/2018). Argo menyebut, lima anggota komplotan bernama Caitanovici Andrean Stepan, Raul Kalai, Ionel Robert Lupu, Ferenc Hugyec, dan Milah Karmilah.
            Dihubungi terpisah, Kanit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu mengatakan, para pelaku memulai aksinya sejak tahun 2017, mereka ini beraksi dari Juli 2017. Mereka membuat skimmer dan pendukung lainnya. Kemudian mereka memasangnya di berbagai ATM di sekitar wilayah Bali, Bandung, Jogjakarta, Tangerang, dan Jakarta," ujarnya.
Berita ini dilansir oleh : “Jakarta, Tribunjogja.com, dan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Polisi Tangkap Komplotan Pembobolan Uang Nasabah BRI”, Penulis : Sherly Puspita, Editor : Dian Maharani”.

2.5.3 Dampak Kasus
            PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyatakan banyak pihak yang memanfaatkan kesempatan untuk berpura - pura menjadi korban pembobolan rekening melalui skimming di Automated Teller Machine (ATM). Direktur Konsumer BRI, Handayani mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan penelurusan terkait kasus pembobolan ATM melalui metode skimming yang tengah menimpa sejumlah nasabah BRI di Kediri, Jawa Timur.
            Sedang melakukan penelitian dan BRI pasti akan mengembalikan dana nasabah jika benar yang bersangkutan dirugikan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (16/3/2018). Namun demikian, dalam menangani kasus pembobolan semacam ini, BRI harus ekstra hati-hati dan menelusurinya secara mendalam. Sebab banyak pihak yang memanfaatkan kasus untuk keuntungan.
            "BRI harus melakukan penelitian dengan detail karena ternyata banyak yang memanfaatkan kesempatan untuk pura-pura uangnya hilang tetapi ternyata dipakai istrinya. Ada beberapa kasus setelah ditelusuri ternyat benar," kata dia. Oleh sebab itu, terhadap menangani kasus pembobolan rekening nasabah, BRI selalu melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. Hal ini guna memastikan jika rekening nasabah tersebut benar-benar dibobol. "Saat ini BRI berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan penyidikan kepada yang bersangkutan dan pernyataan yang bersangkutan untuk memastikan kebenarannya," tandas dia. Berita ini dilansir oleh : Liputan6.com, 16 Maret 2018, Waktu 10:04 WIB”.

2.6 Solusi
            Adapun solusi yang dapat diberikan Pihak Bank BRI pada kasus Pembobolan Rekening Nasabah BRI, untuk mencegah terjadinya hal yang sama dikemudian hari. Dengan melakukan beberapa tindakan berikut :

2.6.1 Solusi Pengamanan Pihak Polisi
            Bank Rakyat Indonesia (BRI) memastikan akan meningkatkan pengamanan terhadap Automated Teller Machine (ATM) miliknya. Hal ini menyusul kasus pembobolan ATM dengan metode skimming di Kediri, Jawa Timur. Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, untuk mencegah terjadinya aksi-aksi seperti ini kembali terulang, pihaknya akan meningkatkan patroli ke titik-titik lokasi ATM.
            "Memang kita ke depan harus dengan patroli sekarang. Walaupun sekarang ada juga tapi ini rupanya harus rutin patrolinya. Kita sudah lengkapi dengan beberapa teknologi. Karena kejar - kejaran sama penjahat ini, kita mengencangkan, dia juga mengencangin‎," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/3/2018). Menurut dia, selama ini memang BRI telah melakukan patroli ke ATM, namun intensitasnya masih rendah.
            Dengan adanya kasus ini, patroli atau pemantauan ke ATM akan lebih ditingkatkan lagi. "Yang penting patroli ya karena, kalau enggak kita patroli setiap hari, kan mereka semakin canggih pas saat skimming. Kemudian monitoring, dan ada beberapa yang kita lakukan misalnya transaksi anomali dan sebagainya," jelas dia. Untuk mengintensifkan patroli tersebut, BRI akan merekrut tenaga alih daya (outsourcing). "Ya outsourcing, mau tidak mau. Kalau orang kita enggak mungkin. Karena harus harian. setiap hari dicek," tandas dia. Berita ini dilansir oleh “Liputan6.com, Jakarta 16 Maret 2018, Angga Yuniar”.
           

2.6.2 Solusi Pengamanan Kartu ATM
            Handayani menyebut, untuk mengantisipasi kejadian skimming ATM, masyarakat harus menggunakan pin dengan tingkat kesulitan yang rumit. Artinya pin yang digunakan nasabah disarankan untuk tidak menggunakan, seperti tanggal lahir atau angka - angka yang menurutnya sama. "Imbauan buat masyarakat, jadi pertama harus menggunakan pin itu dengan angka - angka tidak mudah diketahui. Jangan menggunakan tanggal lahir atau menggunakan nomor yang sama, jadi harus bener-bener unik," kata Handayani saat ditemui di Jakarta, Selasa (20/3/2018).
            Kemudian, lanjut dia masyarakat juga harus lebih sering mengubah pin agar tidak terjadi kebocoran data. Masyarakat nantinya, diharuskan untuk lebih aktif apabila ada transaksi yang terjadi di luar dari dirinya.
            Kedua harus sering - sering mengganti pin, misalnya nanti di skimming pun data diperoleh oleh mereka tidak akan valid lagi kan karena pinnya berbeda. Nasabah segera menghubungi bank kalau tidak merasa melakukan transaksi tersebut jadi harus peran aktif antara bank dengan nasabah," imbuh Handayani. Berita ini dilansir oleh : Liputan6.com, Jakarta, 20 Maret 2018 Waktu 20:59 WIB, Reporter : Dwi Aditya Putra, dengan judul : Marak Pembobolan Kartu ATM, BRI Minta Nasabah Sering Ganti Nomor PIN.”

2.6.3 Solusi Pengamanan Mesin ATM
            Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Suprajarto menegaskan, pihaknya terus berupaya menghalau praktik kejahatan duplikasi kartu debit dengan cara  skimming pada mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Suprajarto menjelaskan, saat ini pihaknya meningkatkan Intensitas Patroli pada mesin ATM dan juga menggunakan teknologi baru guna menghalau terjadinya praktik skimming.
            Kami pasang teknologi terbaru anti - skimming baik di ATM sendiri, dan ada beberapa Software yang sebetulnya kita gunakan untuk transaksi," ujar Suprajarto di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (22/3/2018). Menurutnya, saat ini BRI telah mampu mengetahui jika terjadi transaksi - transaksi yang mencurigakan dan akan langsung dilakukan pemblokiran guna memberikan kemanan dana nasabah.
            "Sekarang teknologi kami mampu men - detect, meng - capture yang anomali - anomali dalam transaksi itu, sudah langsung diblok saja," paparnya. Ganti Uang Nasabah Dari sisi lain, BRI meningkatkan kerja sama dengan Bareskrim Polri guna mencegah terjadinya kejahatan skimming berulang. "Sekarang sudah. Kami kerja sama dengan Bareskrim. Tentu Bareskrim akan kerja sama dengan Interpol," ujarnya.
            Sementara itu, Suprajarto mengatakan pihaknya telah mengganti seluruh dana nasabah yang telah menjadi korban praktik skimming beberapa waktu lalu, dengan jumlah total dana sebesar Rp 150 juta. "Semua nasabah yang terkena skimming yang memang terbukti skimming sudah kita ganti. Total Rp 150 juta .Nasabahnya sekitar 30 orang. Yang paling besar memang di Kediri, yang lain itu kecil-kecil," pungkasnya. Berita ini dilansir oleh : “Kompas.com, 23/03/2018 Waktu 08:30, Penulis : Pramida Arhando Julianto, Editor Aprillia Ika.”.



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Dari hasil penulisan makalah ini penulis dapat mengambil kesimpulan diantaranya sebagai berikut :
1.        Cyebercrime adalah segala bentuk kejahatan didalam dunia maya atau di internet.
2.        Cybercrime sangat merugikan korban karena data-data yang penting dan rahasia diambil.
3.        Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menanggulangi cybercrime, yakni dengan membuat  undang - undang tentang tindak pidana cybercrime
4.        Prinsip kerja ATM pada umumnya sama dengan computer melalui proses dan pengolahan data setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin ATM, manakala kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin ATM.
5.        Perkembangan teknologi dengan adanya ATM yang terdapat diberbagai tempat strategi sering   mengundang pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyalah gunakannya. Banyak kasus seperti pembobolan ATM baik yang melibatkan pihak dalam dari bank yang bersangkutan ataupun tidak. Oleh karena itu penulis menyarankan agar lebih memperketat keamanan untuk ATM tersebut.
6.        Selain itu juga pihak nasabah harus lebih hati-hati dalam menggunakan ATM agar tidak dirugikan. Nasabah sebaiknya tidak meminjamkan kartu ATM tersebut dan member PIN kepada sembarang orang.
7.        Untuk mencegah terjadinya pembobolan ATM, dapat dilakukan dengan menggunakan sistem sidik jari, mempraktekkan “TEMETA” (Teknik Mengecoh Mata), memasang keypad protector, serta memasang alat anti skimmer pada mesin ATM.


3.2 Saran
Adapun saran yang dapat kami berikan sebagai penulis :
1.      Kepada pemerintah supaya lebih tegas lagi menangani tindakan kasus cyber crime yang terjadi.
2.      Kepada para pakar IT, supaya dalam membuat program pengamanan data lebih optimal lagi sehingga kasus-kasus kejahatan dunia maya dapat di minimalkan.
3.      Tidak menyalah gunakan ilmu programmer yang kita miliki untuk melakukan kejahatan di internet.
4.      Untuk pihak Bank, gunakan alat dimana harus digunakan saat akan melakukan transaksi melalui Internet Banking. Contoh sekarang yang sudah banyak ditemui adalah Key Generator. Dimana Sang pemilik Rekening harus memiliki dan harus menginput Key Generator tersebut pada saat finalisasi transaksi. Contoh pada Bank BCA yaitu KeyBCA.
5.      Gunakan Password yang tidak identik dengan diri Anda ataupun orang di sekeliling Anda. Seperti Tanggal Lahir sendiri, ibu, ataupun pacar. Karena itu akan sangat mudah diketahui oleh orang lain.
6.      Ganti password secara berkala, agar susah untuk diketahui oleh orang lain.
7.      Jangan sembarangan melakukan transaksi internet banking di komputer orang lain. Karena bisa saja dalam computer tersebut telah tertanam Key Logger yang dapat menyimpan password Anda.
8.      Selalu berhati - hati dalam setiap melakukan transaksi.



DAFTAR PUSTAKA

1. Tirto.id, Kronologi Kasus Pembobolan ATM BRI Dengan Teknik Skimming : https://tirto.id/kronologi-kasus-pembobolan-atm-bri-dengan-teknik-skimming-cGir
2. Jakarta, Tempo.Co, Polisi Ungkap Cara Kerja Pembobolan Rekening Nasabah BRI Kediri : https://bisnis.tempo.co/read/1069272/polisi-ungkap-cara-kerja-pembobolan-rekening-nasabah-bri-kediri
3. Jakarta, Kompas.com, Pakar IT Sebut Tabungan Nasabah BRI Dibobol Dengan Skimming : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/13/181832126/pakar-it-sebut-tabungan-nasabah-bri-dibobol-dengan-skimming.
4. Jakarta, Joglosemarnews.com, BRI Akhirnya Ganti Semua Dana Nasabah yang Berkurang Misterius Pelaku Pembobolan Diduga Oknum Ini : https://joglosemarnews.com/2018/03/bri-akhirnya-ganti-semua-dana-nasabah-yang-saldonya-berkurang-misterius-pelaku-pembobolan-diduga-oknum-ini/
5. Jakarta, Kompas.com, Ada Kasus Pembobolan Dana Nasabah BRI Minta Nasabah Tak Panik :
6. Jakarta, Tribunjogja.com, Komplotan Pembobol Uang Nasabah BRI Akhirnya Diringkus Polisi : http://jogja.tribunnews.com/2018/03/16/komplotan-pembobol-uang-nasabah-bri-akhirnya-diringkus-polisi
7. Jakarta, Liputan6.com.
a. Marak Pembobolan Kartu ATM BRI Minta Nasabah Sering Ganti Nomor Pin.
8. Jakarta, Kompas.com, Sejumlah Upaya BRI Halau Kejahatan Skimming ATM :  https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/23/083000326/sejumlah-upaya-bri-halau-kejahatan-skimming-atm.
9.    Inilah Perkembangan Digital Indonesia Tahun 2018
10.    Hasil Survey Pengguna Internet
     https://www.apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2017


Komentar

  1. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Saya sedang mencari pinjaman untuk memilah tagihan & hutang saya, kemudian saya melihat komentar tentang Kartu Kredit ATM Kosong yang dapat diretas untuk menarik uang dari mesin ATM manapun di sekitar Anda. Saya ragu tetapi memutuskan untuk mencobanya dengan menghubungi {rickatmcardoffer @ gmail. com} mereka merespons dengan pedoman mereka tentang cara kerja kartu. Saya yakin bahwa kartu dapat menarik $ 5.000 instan per hari & dikreditkan dengan $ 50,000,000.00 jadi saya meminta satu & membayar biaya pengiriman untuk mendapatkan kartu, setelah 24 jam kemudian, saya terkejut melihat agen UPS di tempat tinggal saya dengan seorang residen. parcel {card} saya masuk dan kembali ke dalam dan mengkonfirmasi pekerjaan kartu setelah agen pergi. Ini tidak ada keraguan karena saya punya kartu & telah menggunakan kartu. Peretas ini adalah peretas berbasis di AS yang dirancang untuk membantu orang-orang dengan kebebasan finansial !! Hubungi email ini jika Anda ingin menjadi kaya dengan ini Via: rickatmcardoffer@gmail.com} atau WhatsApp melalui +254750078353.

    BalasHapus
  4. Saya mendapat kad ATM saya yang sudah diprogramkan dan kosong untuk mengeluarkan $ 5,500 setiap hari selama enam bulan. Saya sangat gembira dengan ini kerana saya mendapat milik saya minggu lalu dan saya telah menggunakannya untuk mendapatkan $ 33,000. Georg Bednorz Hackers memberikan kad-kad itu untuk menolong orang miskin dan yang memerlukan walaupun haram tetapi ia adalah sesuatu yang baik dan dia tidak seperti penipuan lain yang berpura-pura memiliki kad ATM kosong. Tidak ada yang terperangkap semasa menggunakan kad. dapatkan milik anda dari Georg Bednorz Hackers hari ini! Cukup hantarkan e-mel ke georgbednorzhackers@gmail.com atau hantarkan kepadanya mesej teks / WhatsApp melalui 1 (262) 355-8285

    BalasHapus
  5. Selamat datang. JANGAN DILARANG LAGI. Anda berada di tempat yang tepat. Tidak ada yang seperti memiliki Peretas yang dapat dipercaya. pernahkah Anda kehilangan uang sebelumnya atau bitcoin dan Anda mencari peretas untuk mendapatkan uang Anda kembali? Anda harus segera menghubungi kami. Sangat terjangkau dan kami memberikan jaminan kepada klien kami. Layanan peretasan kami adalah sebagai berikut:
    -Hack ke segala jenis telepon
    _Naikkan Skor Kredit
    _Western union, bitcoin dan peretasan gram uang
    _Penghapusan catatan kriminal_BLANK ATM / KARTU KREDIT
    _Peretasan telepon (yang dilakukan oleh pasangan Anda, bos, teman, dan lihat apa pun yang sedang dibicarakan di belakang Anda)
    _Peretasan sistem keamanan ... dan banyak lagi. Hubungi MEREKA sekarang dan dapatkan apa pun yang Anda inginkan
    Email: atmgeniuslinks@gmail.com

    Whatsapp: +1-(781)-656-7138.

    MENGAPA ANDA PERLU MENYEWA PERETAS:
    Ada begitu banyak Alasan mengapa orang perlu menyewa peretas, Mungkin Meretas Situs Web untuk merusak informasi, mengambil informasi, mengedit informasi, atau memberi Anda akses admin.
    • Beberapa orang mungkin membutuhkan kami Untuk Meretas Ponsel Sasaran Mereka sehingga mereka bisa mendapatkan akses ke semua aktivitas di telepon seperti, pesan teks, log panggilan, Aplikasi media sosial dan informasi lainnya
    • Beberapa mungkin perlu Meretas Facebook, gmail, Instagram, twitter, dan Akun media sosial lainnya,
    • Juga Beberapa Orang mungkin ingin Melacak Lokasi orang lain mungkin untuk kasus investigasi
    • Beberapa orang mungkin membutuhkan Kami untuk Meretas Database Pengadilan untuk Menghapus catatan kriminal.
    • Namun, Beberapa Orang Mungkin Kehilangan Begitu Banyak Dana Dengan POKOK PILIHAN BINER atau BTC MINING dan ingin Memulihkan Dana Mereka
    • Semua ini adalah apa yang bisa kita dapatkan Selesai Asap Dengan Bantuan HackTools Root, HackTools Khusus dan Strategi Peretasan Teknis Kami Yang Melampaui Semua Peretas Lainnya.

    ★ LAYANAN KHUSUS KAMI YANG KAMI TAWARKAN ADALAH:
    * PEMULIHAN DANA YANG HILANG PADA INVESTASI PENIPUAN, PERDAGANGAN PILIHAN BINER & SEMUA JENIS PENIPUAN INVESTASI.
    * Pemuatan Kartu Kredit (Khusus AS)
    * Pemuatan Rekening BANK (Hanya Bank AS)

    ★ Anda juga dapat menghubungi kami untuk Serangan dan Pembajakan Cyber ​​lainnya, kami melakukan Semua ★
    Whatsapp: +1-(781)-656-7138.

    ★ KONTAK:
    * Untuk Pemulihan Opsi Biner, Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Email: atmgeniuslinks@gmail.com untuk pekerjaan luar biasa yang dilakukan dengan baik, Tetap Aman.

    ITU TELAH DIUJI DAN DIPERCAYA.

    BalasHapus
  6. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   

    BalasHapus
  7. KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN DARI PERUSAHAAN KEUANGAN ASLI MINGGU LALU. Email untuk tanggapan segera: Whatsapp +19292227023 drbenjaminfinance@gmail.com

    Saya Nyonya, Leores Miguel Jazbel dengan nama, Saya tinggal di Amerika Serikat, yang telah menjadi korban penipuan begitu banyak pemberi pinjaman palsu secara online antara November tahun lalu hingga Juli tahun ini, tetapi saya sangat berterima kasih kepada pencipta saya sehingga dia akhirnya tersenyum pada saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman baru ini yang membuat saya tersenyum di tahun 2020 ini dan dia tidak menipu saya dan juga dengan tidak menipu atau membohongi saya dan teman-teman saya tetapi bagaimanapun perusahaan pemberi pinjaman ini adalah BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE (drbenjaminfinance@gmail.com) memberi saya pinjaman 2% yang jumlahnya $900.000,00 dolar Amerika Serikat setelah saya menyetujui syarat dan ketentuan perusahaan mereka dan satu hal penting yang saya sukai dari perusahaan pinjaman ini adalah mereka cepat dan unik. {Dr.Benjamin Scarlet Owen} juga dapat membantu Anda dengan penawaran pinjaman yang sah. Dia juga membantu beberapa rekan saya yang lain. Jika Anda membutuhkan pinjaman asli tanpa biaya / stres, dia adalah pemberi pinjaman yang tepat untuk menghapus masalah dan krisis keuangan Anda hari ini. BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE menyimpan semua informasi tentang cara mendapatkan uang dengan cepat dan mudah melalui Telepon / Teks: +1(415)630-7138 Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE adalah tempat yang harus dituju tolong katakan padanya Saya Ny. Leores Jazbel mengarahkan Anda Semoga Sukses
    Whatsapp +19292227023

    BalasHapus
  8. Saya di sini untuk berbicara tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman tanpa terlalu banyak tekanan dalam pandemi Covid-19 Coronavirus dan masa-masa sulit di Indonesia.

    Saya mendapat pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp95 juta dari Perusahaan Pinjaman Rika Anderson dengan nilai bunga 2%.

    Jika Anda sudah mencari pinjaman dan Anda merasa kesulitan, hubungi saja Rika Anderson, ibu yang jujur adalah solusi Anda.

    KONTAK PERUSAHAAN PINJAMAN:
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp Perusahaan: +1(929)526-0086
    www.wasap.my/13236893663/RikaAndersonloancompany
    Nama: Nazeaf shehu
    Negara: Saya dari Badung dan tinggal di Jakarta, Indonesia

    WA saya: +6285854125084
    Email saya: ameliahariyah1@gmail.com
    Jumlah Pinjaman: 90 juta
    Tahun: Juni 2020

    BalasHapus
  9. Saya Ratu Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta barat, Indonesia, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan-rekan saya orang INDONESIA yang telah berkeliling mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati, saya menghabiskan hampir 12 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON. Saya mendapat pinjaman Bisnis online saya sebesar Rp50.000.000 juta dari mereka.

    Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong; Tapi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON memberi saya impian dan kebahagiaan saya kembali.

    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: Rikaandersonloancompany@gmail.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    WA: +6285854125084

    Email pribadi saya sendiri: queenchahaya@gmail.com.
    Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran. Hati-hati

    BalasHapus
  10. GET RICH WITH THE USE OF BLANK ATM CARD FROM
    (besthackersworld58@gmail.com)
    Has anyone here heard about blank ATM card? An ATM card that allows you to withdraw cash from any Atm machine in the world. No name required, no address required and no bank account required. The Atm card is already programmed to dispense cash from any Atm machine worldwide. I heard about this Atm card online but at first i didn't pay attention to it because everything seems too good to be true, but i was convinced & shocked when my friend at my place of work got the card from guarantee Atm card vendor. We both went to the ATM machine center and confirmed it really works, without delay i gave it a go. Ever since then I’ve been withdrawing $1,500 to $5000 daily from the blank ATM card & this card has really changed my life financially. I just bought an expensive car and am planning to get a house. For those interested in making quick money should contact them on: Email address : besthackersworld58@gmail.com or WhatsApp him on +1(323)-723-2568

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peretasan Situs Telkomsel